Jumat, 07 Mei 2010

Tips Mudah Memilih Koki Berkualitas



Makanan di Bintaro - Keberadaan chef adalah salah satu pilar utama bagi keberlangsungan industri restaurant. Chef bukan hanya seorang yang brilian dalam hal memasak dan menghidangkan makanan. Chef yang berkualitas memiliki ketrampilan dan pengetahuan yang lebih baik dari kebanyakan juru masak. Dan karena inilah, memiliki seorang chef andalan bagi sebuah restaurant adalah sebuah keharusan.


Mengingat peran penting chef dalam menentukan keberhasilan bisnis restaurant, proses perekrutannya menjadi sangatlah krusial. Kecerobohan dalam memilih dan mempekerjakan chef akan berdampak negatif terhadap bisnis secara keseluruhan.

Adapun dalam memilih atau merekrut seorang chef dalam restaurant kita , kita dapat mempertimbangkan untuk menggunakan tips berikut ini:

1. Pilihlah chef dengan indra perasa (lidah dan hidung)yang lebih tajam dan terlatih dari orang kebanyakan.

Kemampuan merasakan ini amat vital dalam mendeteksi perbedaan rasa yang halus sekali pun. Dengan indra perasa yang peka, seorang chef juga dapat berkreasi dengan lebih baik. Hal ini memungkinkan chef menggabungkan selera dan rasa dari tiap-tiap bahan makanan dan menghasilkan masakan yang lain dari yang sebelumnya sudah ada.

2. Pilih chef dengan daya ingat yang baik

Untuk mengingat berbagai macam bahan makanan yang harus dicampurkan beserta bagaimana cara memperlakukannya dengan benar dan untuk berapa lama diolah agar diperoleh hasil yang maksimal sungguh memerlukan daya ingat yang luar biasa tajam. Seorang chef dengan daya ingat yang kurang tajam dan sering lupa menambahkan beberapa bumbu mungkin akan berimbas buruknya cita rasa masakan secara umum.

3. Pilih chef dengan standar kesempurnaan yang tinggi.

Yang dimaksud dengan standar kesempurnaan di sini ialah bahwa seorang chef yang baik seharusnya memiliki sikap kerja yang tidak asal-asalan. Ia harus memberikan yang terbaik kapan saja dan di mana saja ia bekerja. Hal ini juga termasuk standar kebersihan. Chef dengan standar kebersihan yang longgar tidak akan memberikan manfaat apapun pada usaha anda.

4. Pilih chef dengan daya tahan fisik dan mental tinggi.

5. Pilih chef dengan semangat kepemimpinan dan kemauan bekerja dalam tim yang tinggi.
Untuk menyiapkan makanan diperlukan beberapa orang yang bekerja sama dalam suatu dapur. Untuk itulah mengapa seorang chef harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik. Ia seyogyanya dapat menciptakan dan memelihara situasi kerja yang kondusif. Lingkungan kerja yang kurang harmonis dapat berdampak pada menurunnya performa.

6. Pilih chef dengan daya kreasi/ kreativitas dan semangat belajar yang tinggi.

Menjadi seorang chef bukan berarti seseorang harus berhenti belajar karena sudah merasa di puncak. Dunia kuliner penuh dengan inovasi dan pembaruan di sana sini dan setiap waktu bermunculan hidangan kreasi baru yang hadir demi menanggapi permintaan pasar.
7. Chef yang baik memiliki kemampuan mengelola dapur sehingga efisien dalam bekerja.

8. Kualifikasi pendidikan juga perlu meski bukan persyaratan mutlak.

9. Kualifikasi umur minimal 16 tahun.

Umur bukan merupakan syarat mutlak. Namun, biasanya seorang chef berumur paling tidak sama atau di atas 16 tahun.

Siap merekrut chef idaman anda?!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar