Kamis, 22 April 2010

Sukses Membuka Warung Makanan

Tapi paling tidak ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuka warung tempat makanan dan semacamnya yaitu :

- Tempat (warung tempat makanan, dapurnya dan tempat tamu makan)

- Tenaga trampil (tukang masak, food stylish, dan penanggung jawab produksi)

- Peralatan masak, peralatan saji, display makanan (biasanya pakai dummy). Perijinan (aku nggak tahu, tapi klo di mall biasanya diatur oleh mall management) Idealnya sich pada setiap usaha makanan ada team yang berbeda-beda, yaitu team belanja bahan baku, team motong bahan baku dan team yang masak. Team lainnya adalah team yang disebut dishwasser – cmiiw – dia bertanggung jawab menyiapkan perangkat saji spt piring, sendok, garpu dll, mencuci dan merawatnya. Hitungan jumlah lebih dan kurang adalah tanggung jawab dia. Setelah itu kamu harus memiliki supplier. Mulai supplier bahan baku dan bahan lainnya, usahakan kamu memiliki lebih dari satu supplier supaya tidak ada ketergantungan pada satu supplier saja. Ingat, bila ketergantungan bahan baku sangat kuat hanya dari satu sumber saja, kamu akan kesulitan sendiri saat dia surut suplai.

Waiter dan waitress (musti ada komandannya nich).

Perijinan (aku nggak tahu, tapi klo di mall biasanya diatur oleh mall management)

Idealnya sich pada setiap usaha makanan ada team yang berbeda-beda, yaitu team belanja bahan baku, team motong bahan baku dan team yang masak.


Team lainnya adalah team yang disebut dishwasser (cmiiw)dia bertanggung jawab menyiapkan perangkat saji spt piring, sendok, garpu dll, mencuci dan merawatnya. Hitungan jumlah lebih dan kurang adalah tanggung jawab dia.


Setelah itu kamu harus memiliki supplier. Mulai supplier bahan baku dan bahan lainnya, usahakan kamu memiliki lebih dari satu supplier supaya tidak ada ketergantungan pada satu supplier saja. Ingat, bila ketergantungan bahan baku sangat kuat hanya dari satu sumber saja, kamu akan kesulitan sendiri saat dia surut suplai.
Tempatkan diri kamu sebagai orang yang paling ahli, dalam hal ini tekanannya adalah jangan lepas tangan begitu saja, sehingga bila terjadi pegawai berhenti bekerja atau sebab lain, bisnis kamu tetap jalan. Tak perlu harus semua kamu kerjakan sendiri tapi paling tidak kamu tahu apa yang harus dikerjakan saat mereka tidak ada. Belajar dari pegawai adalah salah satu tips jitu.

Bila tempat sudah oke, SDM oke, Peralatan oke, Perijinan oke, sumber bahan baku beres, kamu tinggal menentukan pasar mana yang akan kamu bidik. Lakukan teknik marketing secantik mungkin. Lumayan babak belur dalam proses ini, tapi percayalah, bila Tuhan menghendaki, tidak ada seorangpun yang dapat menghentikannya. Caranya adalah lakukan promosi terus menerus disemua lini, temukan dimana pasar kamu yang paling bagus.


Bisnis joint sama teman ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati, jagalah selalu silaturahmi dan harmoni pergaulan kamu dengan dia. Seperti kami memiliki Yeni dalam keuangan, rasanya kamu perlu juga orang ketiga yang menangani keuangan supaya satu sama lain terjaga dari prasangka.


Orang bijak berkata : sembilan dari sepuluh pintu rejeki berasal dari perniagaan! Semoga rencana kamu berjalan dengan lancar sesuai cita-cita. Sukses selalu,


mahadewi.blogsome.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar