Selasa, 21 September 2010

Pilihan Makanan saat Stress

PILIHAN makanan turut memengaruhi stres. Makanan yang salah, seperti candy bar dan keripik, bisa memperparah kondisi. Sedang makanan sehat bisa membantu mengurangi gejala.

Berikut makanan penurun stres yang bisa menjadi pilihan Anda:

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan kaya akan magnesium, yang menjaga agar kadar hormon stres cortisol tetap rendah. Akan tetapi, kacang-kacangan tinggi kalori. Jika sedang menjaga berat badan, pastikan mengonsumsi tidak lebih dari 12 biji sehari.

Brokoli dan saus rendah lemak
Brokoli mengandung asam folat. Komponen ini membantu mengurangi stres.

Sorbet dengan wafer vanila
Sorbet merupakan makanan penutup berupa buah beku. Makanan ini terbuat dari pemanis dan bubur buah (buah yang sudah dihaluskan). Makanan bergula menurunkan kadar hormon yang memproduksi kecemasan, khususnya glucocorticoid, hormon stres yang berkaitan dengan penyimpanan lemak di perut. Sedikit gula saja di lidah sudah cukup untuk menghasilkan efek menenangkan. Jadi, hindari konsumsi berlebih.

Muffin whole grain dengan jam atau madu
Makanan kaya karbohidrat kompleks berfungsi meningkatkan kadar serotonin. Serotonin berfungsi memperbaiki suasana hati dan membuat Anda rileks.

Salmon
Kandungan asam lemak dalam ikan ini membantu agar sel-sel otak berfungsi lebih padu. Cara ini membantu Anda mengatasi stres dengan lebih efektif.

Cokelat hitam
Cokelat mengandung lebih dari 300 komponen berbeda, termasuk anandamide, zat kimia yang meniru efek ganja dalam otak dan theobromine, stimulan ringan. Tapi, pastikan memilih cokelat hitam dengan kandungan bubuk cokelat lebih dari 70 persen.

Susu
Cobalah minum segelas susu. Susu mengandung tryptophan, yang akan diubah menjadi serotonin (penguat mood). Selain itu, kandungan kalsium, magnesium dan kalium di dalamnya bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Cokelat panas
Minuman hangat akan meningkatkan suhu tubuh, sehingga membuat Anda merasa lebih nyaman. Minuman ini juga akan memicu respon yang sama di otak.

Teh hitam dan teh hijau
Sebuah studi dari University College London menunjukkan bahwa minum teh hitam empat kali sehari selama enam minggu bisa menurunkan hormon stres cortisol. Sedang teh hijau kaya akan theanine, yang akan membuat Anda lebih rileks.

Air dingin
Cobalah minum segelas air dingin dan berjalanlah keluar ruangan. Air berfungsi menggerakkan darah dan udara akan menyegarkan dengan menstimulasi endorfin (yang mengurangi stres).(IK/X-12)
Sumber: Media Indonesia

Lihat Juga:
Minuman
Japanese food
Chinese food

Tidak ada komentar:

Posting Komentar